Hot News
Ulang Tahun REI
26 Apr06:17:43 PM
Hari Otonomi Daerah 2024
25 Apr06:50:48 PM
Rencana Lokasi PLTS
07 Mar11:06:56 AM
Kunjungan Kerja Ke TTS
01 Mar01:29:29 PM

Warta Biro Barjas

Biro Pengadaan Barang dan Jasa Provinsi NTT

Penjabat Gubernur NTT Ayodhia G. L. Kalake, SH,MDC melaksanakan kunjungan kerja selama dua hari sejak tanggal 5 hingga 6 Maret di Kabupaten Sumba Tengah dan Sumba Barat Daya. Memulai kunjungan kerja hari pertama, Ayodhia langsung meninjau lokasi yang direncanakan akan menjadi tempat Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS)  yang berlokasi di Desa Lenang Selatan, Kecamatan Umbu Ratu Nggay, Kabupaten Sumba Tengah.

Pembangunan PLTS ini merupakan wujud komitmen Pemerintah dalam menyediakan energi bersih yang rendah karbon dan ramah lingkungan bagi masyarakat. Pj. Bupati Sumba Tengah, DR.Drs. Jusuf Lerry Rupidara, M.Si dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan kesiapannya mendukung project pembangunan PLTS di kawasan Lenang Umbu Ratu Nggai.

"Pertama-tama kami sampaikan terima kasih kepada Bapak Pj. Gubernur NTT yang telah datang ke tempat kami, terkait rencana pembangunan PLTS. Pada intinya seluruh masyarakat dan pemerintah daerah siap mendukung pembangunannya, karena akan memberikan hasil dan dampak yang baik bagi masyarakat Sumba Tengah. Hal ini bukan hanya terkait pemenuhan kebutuhan listrik saja tetapi juga dapat memberikan peluang lapangan kerja bagi masyarakat Sumba tengah" jelas Pj. Bupati Lerry.

Sementara itu, Direktur Utama Puri Prakarsa Surya Gen, Nasri Sebayang menjelaskan bahwa project ini sudah dimulai sejak Tahun 2021. "Kami sudah mensurvey seluruh Pulau Sumba, Sumba Tengah memiliki radiasi matahari yang sangat baik sehingga lokasi pembangunan PLTS direncanakan dibangun di Kabupaten Sumba Tengah,” ucapnya.

Lebih lanjut ia menyampaikan rasa syukur karena masyarakat dan pemerintah daerah semua mendukung perencanaan proses pembangunan PLTS. "Kami bersyukur karena unsur masyarakat setempat dan pemerintah daerah mendukung project ini, menjadi semangat bagi kami untuk dapat mulai menjalankan pembangunan ini,”ujarnya.

Disebutkan bahwa, untuk tahap pembangunan konstruksi akan membutuhkan tenaga kerja sebanyak 6.000 orang. Tenaga kerja sebanyak itu akan direkrut secara bertahap dan diprioritaskan dari tenaga kerja lokal setempat.

PJ. Gubernur NTT pada kesempatan tersebut menyambut baik project ini dan berharap agar pembangunan PLTS tersebut dapat memberikan dampak yang baik bagi masyarakat setempat. Menurutnya, kehadiran PLTS tersebut nantinya tidak hanya memberikan pemenuhan kebutuhan listrik bagi masyarakat kabupaten Sumba Tengah saja. Tetapi, juga dapat menyediakan lapangan kerja bagi masyarakat setempat dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi bagi masyarakat setempat. Karenanya Ayodhia mengajak masyarakt memberikan dukungan untuk segeranya direalisasikan pembangunan fasilitas itu.

Turut hadir pada kegiatan ini Kaban Kesbangpol NTT, Yohanes Oktovianus, Plt. Kadis Pariwisata NTT, Johni Rohi, Sekretaris Daerah Sumba Tengah, Bernardus Tagela, Unsur Forkopimda Kabupaten Sumba Tengah, Direktur Pertamina New and Renewable Energy Fadli Rahmat.

Artikel Lainnya :

Biro Pengadaan Barang dan Jasa

ProvinsiN T TNusa Tenggara Timur
Alamat
Sayap Timur Gedung Sasando Lt.2
Jl. El Tari No.52
Kota
Kupang
Nusa Tenggara Timur
Indonesia